- Tempat Nongkrong Para GIRILAYA mania -


You are not connected. Please login or register

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down  Message [Halaman 1 dari 1]

1default Awal Usul Sejarah Kerajaan Langsa on Wed 14 Aug 2013, 01:20

girilayabot


Spammer
Spammer
SALAH satu keturunan Raja Langsa generasi ke tujuh, dr. Alwi mengisahkan bahwa Langsa sudah terbentuk pada abad ke 15. Kata dia, pada abad itu datang seorang pangeran dari Pagaruyung, Sumatera Barat ke daerah ini melalui Selat Malaka.

Dia berlabuh di daerah Titi Kembar. Saat ini, Titi Kembar berubah menjadi Desa Langsa Lama Kecamatan Langsa Lama.

Alwi menceritakan, di daerah itu pangeran tersebut membuka hutan belantara menjadi lahan. Saat itulah datang seekor burung elang besar yang terbang berputar-putar di atas lahan baru tersebut.

Jadi, pertama kali terbentuknya satu daerah di Langsa yakni di Langsa Lama, kata dia.

Namun, belum ada referensi kuat yang menyebutkan asal mula Langsa seperti yang diceritakan dr Alwi tersebut.

Konon kata Langsa disebut-sebut berawal dari sebuah nama burung elang besar, yaitu Langsar akronim dari Elang Besar. Landasan nama ini membuat Wali Kota Langsa, Usman Abdullah hendak mengubah ikon kota dari bambu runcing menjadi lambang elang. Namun, Usman mengakui perlunya rujukan lebih banyak mengenai hal itu.

Ditemui ATJEHPOSTcom pada Rabu pekan lalu, Usman Abdullah menyampaikan niatnya tentang penggalian sejarah Langsa. Dia membentuk tim dan menggandeng dua rektor dari perguruan tinggi di Kota Langsa yaitu Universitas Samudera Langsa dan Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Zawiyah Cot Kala Langsa.

Selama ini kita tidak mengetahui sejarah, asal usul nama Langsa dan dari mana Langsa. Jadi kita ingin mencari jati diri Langsa dan minimal masyarakat serta anak cucuk kita nanti tahu kapan dan dimana Langsa itu pertama kali ada, ujar dia.

Kata dia, penelusuran sejarah yang telah dilakukan sejauh ini baru menemukan beberapa nisan kuno. Nisan tersebut berada di tambak-tambak milik masyarakat setempat. Namun, belum diketahui nisan itu milik siapa.

Jika sudah terjawab kuburan-kuburan itu milik siapa maka akan kita pugar dan kita jadikan monumen sejarah serta situs sejarah Kota Langsa. Dan, setelah kita mengetahui sejarah Langsa maka akan kita buku-kan, tutur dia.

Penggalan sejarah lainnya mengenai kota ini juga berhasil ditelusuri oleh tim yang dibentuk Usman Abdullah. Sesuai pernyataan salah satu keturunan Raja Langsa, daerah ini lahir di tahun 1783 Masehi.

Jika merujuk lahirnya Langsa, maka Langsa merupakan kota tua. Jadi semakin tua berdirinya suatu negara atau daerah maka akan semakin tinggi budayanya, kata Usman.

Di sisi lain, kepingan sejarah Kerajaan Langsa juga bisa dibuktikan dengan adanya rumah panggung yang berada di jalan Cut Nyak Dhien, Gampong Jawa Tengah Kecamatan Langsa Kota.

Sementara rumah panggung lainnya milik kerajaan Langsa berada di areal kantor Danramil Langsa Kota. Rumah panggung itu sudah tidak berbekas lagi saat ini.

Menurut penuturan dr. Alwi, wilayah Kerajaan Langsa mula i dari Manyak Payed Kabupaten Aceh Tamiang hingga Sungai Raya Kabupaten Aceh Timur.[] (bna)


Warga GIRILAYA
auto promosi massal hanya di GIRILAYA REAL GROUPS

Silakan melakukan Promosi Informasi sebesar-besarnya, anda tidak akan merugi telah Gabung dengan Girilaya Real Groups. Ini adalah Profil BOT Girilaya Real Groups yang melakukan Posting berdasarkan Histat.

Saya dapat membantu meledakkan keuntungan bisnis anda di Surabaya Hubungi :
DWI NUR MIJAYANTO 08888 557 101

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas  Message [Halaman 1 dari 1]

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik

Ping your blog, website, or RSS feed for Free
ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free

 

pagerank analyzerW3 Directory - the World Wide Web Directory

© 2014 Copyright Girilaya Real Groups - All Rights Reserved | Back to Top