- Tempat Nongkrong Para GIRILAYA mania -


You are not connected. Please login or register

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down  Message [Halaman 1 dari 1]

1default Mahasiswa Juga Butuh PSK Profesional on Wed 29 May 2013, 02:09

Admin


Admin
Admin
Dunia kampus adalah dunia yang sangat diidam-idamkan bagi para calon mahasiswa dan dirindukan bagi mereka yang telah lepas darinya. Bagaimana tidak? Dunia kampus menawarkan banyak hal dan kesempatan bagi kita untuk menjadi apapun yang kita mau. Mau jadi aktivis, akademisi, ilmuwan, pengusaha, sampai jalan-jalan ke luar negeri gratis bisa kita lakukan. Ditambah lagi kampus menyediakan kondisi lingkungan yang ideal bagi mahasiswa untuk terus berkembang. Sehingga tidak heran kampus seringkali menjadi kawah candradimuka ideal bagi orang-orang besar di negeri ini.

Tidak banyak orang yang punya kesempatan mencicipi nikmatnya dunia kampus, sehingga akan menjadi suatu kerugian besar apabila tidak dimanfaatkan dengan baik. Oleh karena itu kita memerlukan PSK. PSK di sini bukan seperti yang sering nongkrong di tempat remang-remang kala sang fajar tenggelam, melainkan singkatan dari Perencanaan Selama Kuliah. Membuat perencanaan selama kuliah memang tidak menjamin kenyataan yang dihadapi akan semulus seperti yang direncanakan. Namun, dengan membuat perencanaan, minimal membantu perjalanan Anda selama kuliah menjadi lebih terarah. Karena seperti kata pepatah, “Gagal merencanakan sama saja dengan merencanakan kegagalan”.

Berikut ini adalah contoh perencanaan yang bisa Anda lakukan selama menjadi mahasiswa. Contoh ini bersifat relatif karena setiap orang tentu mempunyai kondisi yang berbeda. Namun tetap bisa jadi salah satu referensi bagi yang membutuhkan. Contoh perencanaan ini murni didasarkan pengalaman penulis dan pengamatan lingkungan sekitar selama menjadi mahasiswa.
Tahun Pertama

Di tahun pertama ini, biasanya akan menjadi masa transisi bagi para mahasiswa baru. Masa peralihan dari pola pikir remaja ketika di sekolah kepada pola pikir dewasa di bangku kuliah. Semua akan terasa “baru” di sini. Mulai dari cara berpakaian, jam kuliah, cara belajar di kelas, sampai tugas-tugas yang diberikan. Gunakan waktu di semester 1 untuk benar-benar memahami bagaimana cara belajar dan beradaptasi dengan dunia kampus. Bagi yang berasal dari luar daerah, gunakan waktu ini juga untuk memahami budaya kota setempat dan bersosialisasi dengan masyarakat sekitar kos/kontrakan. Ingat, Anda adalah pendatang di sini. Jadi, Andalah yang harus lebih terbuka dan memulai menjalin hubungan.

Di semester 2, biasanya mahasiswa baru sudah mulai terbiasa dengan iklim dan budaya di kampus. Gunakan waktu ini untuk mulai merintis karir panjang Anda sampai akhir masa kuliah. Mulailah untuk aktif mengikuti kegiatan, organisasi, unit kegiatan mahasiswa, perlombaan, hingga event-event bergengsi tingkat nasional dan internasional seperti forum pemuda nasional atau pertukaran pelajar antarnegara.
Tahun kedua

Di tahun kedua ini tingkatkan karirmu setingkat lebih tinggi. Di segi akademik, mulailah untuk menambah SKS jika IP-mu mencukupi. Hal ini akan membantu saat akhir masa kuliah karena beban kuliah akan semakin ringan. Mulailah untuk mencoba pengalaman baru dengan menjadi asisten praktikum atau asisten dosen mata kuliah. Selain menambah penghasilan, juga bermanfaat untuk mengulang memori mata kuliah sebelumnya. Dari segi kegiatan, mulailah untuk mengambil tanggung jawab lebih dalam kepanitiaan. Jika di tahun pertama hanya sebatas anggota, di tahun kedua ini mulailah membidik posisi inti dalam kepanitiaan seperti ketua, sekretaris, bendahara, atau koordinator sie.

Di level organisasi, mulailah untuk memberikan kontribusi lebih di setiap kinerjamu. Jika di tahun pertama masih terkesan ikut alur dan hanya sekedar penggembira, di tahun kedua ini mulailah untuk ikut menganalisis permasalahan di organisasi Anda dan memberikan ide-ide membangun atas permasalahan-permasalahan tersebut. Buatlah dirimu berbeda dibandingkan dengan yang lain. Selain itu, tetaplah mengikuti ajang-ajang kompetisi untuk meningkatkan kemampuan diri sekaligus sebagai ajang untuk aktualisasi diri.

Yang perlu diingat dan diperhatikan di tahun kedua ini, sembari menimba ilmu dari berbagai tempat, mulailah untuk menganalisis dan memproyeksikan di mana bidang yang paling sesuai dengan minat dan karakter Anda. Hal ini dikarenakan kita akan lebih fokus pada bidang tertentu di sisa waktu perkuliahan, mengingat semakin besarnya beban akademik dan tanggung jawab di luar kuliah.
Tahun ketiga

Di tahun ketiga ini biasanya beban akademik akan semakin berat. Tugas-tugas akan makin menyerbu setiap harinya dan mata kuliah yang diajarkan akan lebih membutuhkan perhatian. Jika sebelumnya mata kuliah yang diajarkan lebih bersifat dasar dan pengantar, maka biasanya mata kuliah di semester 5 ke atas adalah mata kuliah yang akan banyak dipakai di dunia kerja. So, pastikan kita memberikan perhatian lebih agar tidak menyesal nantinya. Di luar kuliah, lebih baik fokuslah pada bidang-bidang tertentu namun berikan impact lebih di sana. Sudah bukan saatnya lagi aktif di banyak tempat namun hasilnya tidak maksimal. Lebih baik fokus di satu bidang dan buatlah itu menjadi spesialisasi Anda.

Sisa waktu yang lain, lebih baik gunakan untuk tetap aktif menjadi asisten dosen/ asisten praktikum atau mengikuti lomba-lomba sebagai ajang aktualisasi diri dan sarana menambah penghasilan. Di semester 6, usahakan juga untuk sudah memikirkan mau membuat tugas akhir seperti apa (terutama untuk yang ingin lulus 7 semester), mau apa setelah kuliah, atau mau berkarir di bidang apa. Terlebih di akhir semester ini, di beberapa perguruan tinggi akan dilaksanakan kerja praktik/ praktik kerja lapangan/ kuliah kerja nyata dan sejenisnya.
Tahun keempat

Tahun keempat, (biasanya) tahun terakhir sebagai seorang mahasiswa. Di semester ini biasanya mahasiswa akan berkonsentrasi penuh untuk urusan akademiknya. Ia tidak lagi aktif pada kegiatan di luar akademik. Sebenarnya ini tidak salah, tapi kalau masih ingin memberi nilai kemanfaatan pada sekitar juga tidak masalah untuk dilanjutkan, asal porsinya yang disesuaikan. Di tahun keempat ini mulailah mempersiapkan diri untuk pascakampus. Ingin berkarir di mana, perusahaan apa, dalam bidang apa. Kesalahan terbesar yang sering dilakukan oleh para lulusan baru perguruan tinggi adalah baru memikirkan ingin berkarir di mana setelah wisuda. Hal ini tentunya berakibat pada habisnya waktu dan pikiran yang seharusnya bisa dilakukan untuk melakukan hal yang lebih bermanfaat.

Bagi yang ingin lulus 8 semester, gunakan waktu di semester 7 sebaik-baiknya. Gunakan waktu di semester 7 untuk menyicil persiapan-persiapan menuju kelulusan seperti mengikuti kursus bahasa inggris, mengikuti tes TOEFL, rutin berolahraga, atau menyicil pembuatan tugas akhir. Jangan terlena karena banyak waktu lowong di semester 7 setelah menjalani kehidupan kampus yang padat di semester 6. Lakukan hal-hal yang bisa kita lakukan sedini mungkin daripada harus menunda-nunda karena hanya penyesalan yang akan didapat nantinya. Kalau bisa diselesaikan sekarang, kenapa harus nanti?

Code:
Mohamad Diaz Permana
Alumni Jurusan Sistem Informasi
Fakultas Teknologi Informasi
Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya


Warga GIRILAYA
Learning By DOING
Girilaya Real Groups

semoga bermanfaat
no rek BCA : 0102148973
a/n WAHYU BAGUS MIJAYANTO, A.MD

no rek BRI : 314201011888535
a/n WAHYU BAGUS MIJAYANTO, A.MD
http://forum.girilaya.com

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas  Message [Halaman 1 dari 1]

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik

Ping your blog, website, or RSS feed for Free
ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free

 

pagerank analyzerW3 Directory - the World Wide Web Directory

© 2014 Copyright Girilaya Real Groups - All Rights Reserved | Back to Top