- Tempat Nongkrong Para GIRILAYA mania -


You are not connected. Please login or register

mewujudkan penghulu profesional

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down  Message [Halaman 1 dari 1]

girilayabot


Spammer
Spammer
Atasi Gratifikasi, Kemenag Rancang Anggaran KUA dan Penghulu

Kementerian Agama (Kemenag) lakukan revitalisasi Kantor Urusan Agama (KUA) di seluruh Indonesia. Program revitalisasi yang dilakukan yakni perbaikan sarana, alokasi operasional KUA dan tunjangan untuk penghulu.

Inspektur Jenderal Kemenag, M. Jasin saat dikonfirmasi LICOM, Selasa (19/3/2013) mengatakan, KUA akan diberikan alokasi anggaran yang ideal, termasuk anggaran untuk para penghulu yang bertugas melakukan pencatatan pernikahan di hari kerja dan di luar kantor. ”Kita sudah desain untuk penghulu yang bertugas di hari libur dan luar kantor, kita sediakan transport dan jasa profesi. Dan untuk setiap KUA kita standarisasi berdasarkan tiga tipologi, yaitu KUA tipe A, B dan C,” jelasnya pada LICOM.

Untuk mewujudkan tertib administrasi dan menutup pintu munculnya gratifikasi, Kemenag bersama Sekretariat Jenderal Kemenag, Ditjen Bimas Islam dan Kementerian Keuangan telah membuat rancangan anggaran KUA dan penghulu.

Jasa profesi diberikan karena selain lakukan pencatatan pernikahan, penghulu terkadang harus juga memberikan khotbah nikah atau menjadi wali. “Dengan adanya anggaran ideal ini pihaknya berharap meningkatnya kinerja dan kualitas pelayanan KUA kepada masyarakat. Sehingga masyarakat tidak perlu lagi mengeluarkan anggaran tambahan untuk biaya penghulu,” ungkap dia.

Kemenag menarget revitalisasi KUA selesai pada 2014 nanti. Tapi dari tiga program revitalisasi tidak bisa semuanya dilakukan secara serentak. Mereka akan jalankan program revitalisasi secara bertahap.

Penghulu se Indonesia Ikut Lomba MBK
Sebanyak 33 Kabupaten/kota se Indonesia mengikuti lomba Musabaqah Baca Kitab (MBK) Tingkat Nasional bagi para penghulu pada 25-28 Juni 2012 yang akan diselenggarakan di Masjid Agung Sunan Ampel dan di Hotel Ibis Surabaya.



"MBK kali di Surabaya, Jawa Timur dengn diikuti 33 Kabupaten/Kota se Indonesia ini mengirimkan perwakilannya yaitu satu provinsi mengirimkan satu orang penghulu, dan persayaratan peserta penghulu ini yaitu pesertanya berasal dari PNS atau pejabat fungsional di Kakanwil kabupaten/kota setempat," ujar Kepala Subdit Kepenghuluan pada Direktorat Urusan Agama Islam Ditjen Bimas Islam Drs H Anwar, MA saat ditemui usai pembukaan acara MBK di Masjid Agung Ampel Surabaya, Selasa (26/6/2012).

Dikatakan, penyelenggaraan MBK tingkat nasional ini merupakan yang kedua dilaksanakan, dan akan acara ini akan dilestarikan seperti Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) dan Seleksi Tilawatil Quran (STQ). "Penyelenggaraan Musabaqah Baca Kitab kuning ini untuk menumbuhkan gairah terhadap kajian kitab klasik sebagai referensi dalam pelaksanaan tugas-tugas kepenghuluan, sekaligus untuk menguji para penghulu dalam membaca dan memahami kitab kuning," lanjutnya.

Punghulu merupakan salah satu ujung tombak dari kemenag karena penghulu memiliki hubungan langsung dengan masyarakat. "Kegiatan ini memberikan tambahan atau motivasi kepada penghulu di Indonesia, sehingga diharapkan penghulu dapat lebih mantab dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat," ujarnya.

Kegiatan MBK dilaksanakan untuk mendorong dan meningkatkan kecintaan para penghulu pada kitab rujukan berbahasa Arab, meningkatkan kemampuan penghulu dalam melakukan kajian dan pendalaman ilmu-ilmu agama Islam dari sumber kitab-kitab berbahasa Arab, dan meningkatkan wawasan keilmuan Islam bagi penghulu.

Sementara itu Wakil Gubernur Jatim, H, Syaifullah Yusuf mengatakan terima kasih telah memberikan kesempatan kepada Jatim sebagai tuan rumah musabaqoh baca kitab buat penghulu. "Provinsi Jatim memiliki banyak tempat wisata religi yang setiap harinya di datangi oleh para peziarah dari luar Jatim," ujarnya

Maka itu ia berharap kegiatan MBK ini dapat dilaksankan secara rutin oleh pihak kemenag pusat karena dapat menambah ilmu pengetahuan bagi penghulu di seluruh Indonesia. "Jadi saya ucapkan selamat berlomba, sehingga diharapkan dapat mewujudkan penghulu yang profesional dan kharismatik di depan masyarakat," ujarnya. (eru)

Sumber : http://go.girilaya.com/6i8wt5
Luffy


Warga GIRILAYA
auto promosi massal hanya di GIRILAYA REAL GROUPS

Silakan melakukan Promosi Informasi sebesar-besarnya, anda tidak akan merugi telah Gabung dengan Girilaya Real Groups. Ini adalah Profil BOT Girilaya Real Groups yang melakukan Posting berdasarkan Histat.

Saya dapat membantu meledakkan keuntungan bisnis anda di Surabaya Hubungi :
DWI NUR MIJAYANTO 08888 557 101
Share this post on: Excite BookmarksDiggRedditDel.icio.usGoogleLiveSlashdotNetscapeTechnoratiStumbleUponNewsvineFurlYahooSmarking

No Comment.

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas  Message [Halaman 1 dari 1]

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik

 

pagerank analyzerW3 Directory - the World Wide Web Directory

© 2014 Copyright Girilaya Real Groups - All Rights Reserved | Back to Top