- Tempat Nongkrong Para GIRILAYA mania -


You are not connected. Please login or register

Bupati Kediri Terkaya di Jawa Timur

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down  Message [Halaman 1 dari 1]

adminutama


Pejabat RT / RW
Pejabat RT / RW
Montoknya pundi-pundi harta elit negeri ini menjadi perbincangan hangat masyarakat pasca Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Busyro Muqqodas menuding politisi maupun pejabat bergaya hidup hedonis. Mobil mewah, rumah mewah hingga simpanan miliaran rupiah menjadi buktinya.

Tak terima, mereka kompak membantah. Banyak yang mengaku sudah kaya dari sono-nya (dari sebelum jadi pejabat). Bahkan anggota dewan paling disorot karena memiliki mobil Bentley (seharga Rp 5 miliar), Bambang Soesatyo mengatakan, kalau sudah kaya dulu wakil rakyat malah bisa meminimalisir korupsi.

Tanpa mengesampingkan polemik hedonisme di tingkat nasional, ternyata menurut data Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara (LHKPN) di KPK, kantong-kantong kepala daerah di Jawa Timur (Jatim) juga tebal-tebal.

Bupati Kediri Haryanti Sutrisno menjadi kepala daerah terkaya di Jatim. Haryanti menggeser posisi bupati Nganjuk Taufiqurrahman yang pada 2009 lalu menjadi kepala daerah terkaya di Jatim.

“Kami terus meneliti perkembangannyaapakah perkembangan yang wajar atau tidak,” ujar juru bicara KPK Johan Budi, Selasa (22/11/11).

Berdasarkan data dari LHKPN pada tahun 2011, istri mantan bupati Kediri Sutrisno itu mempunyai kekayaan senilai Rp 41,7 miliar. Sekadar mengingatkan, dalam proses pilkada (Pilkada) Mei 2010 lalu Kabupaten Kediri juga membuat heboh, karena Haryanti (istri tua eks-bupati Sutrisno) bersaing dengan istri muda Sutrisno, Nurlaila.

Jumlah harta tidak bergerak yang dimilikinya mencapai Rp 33,8 miliar yang berupa tanah dan bangunan. Sedangkan, harta bergerak yang dimiliki berupa alat transportasi senilai Rp 6,6 miliar dan giro serta setara kas senilai Rp 1,3 miliar. Sebagaian besar kekayaan Haryanti Sutrisno tercatat sebagai hasil sendiri.

Harta tidak bergerak yang dimiliki Haryanti sendiri tercatat berupa tanah dan bangunan sebanyak 136 bidang yang sebagian besar berada di wilayah Kediri. Sedangkan, harta bergeraknya terdiri dari 50 kendaraan roda empat berbagai merek. Termasuk dua mobil mewah BMW tahun 2003 dengan yang ditaksir mencapai Rp 250 juta dan mobil Toyota Alphard senilai Rp 750 juta yang dibeli pada tahun 2007.

Untuk diketahui, salah satu usaha keluarga Haryati PT Vitindo Riz—produsen susu Jenius—beberapa pekan terakhir menjadi pergunjingan karena meracuni 168 siswa SD di Kabupaten Kediri. BBPOM Surabaya sendiri juga sudah merilis hasil laboratorium, terdapat kandungan bakteri E-coli dan coliform yang melebihi ambang kewajaran. Sebulan hampir berlalau, tapi hingga saat ini belum ada kejelasan pencabutan izinnya.

Sedangkan, kepala daerah terkaya nomor dua adalah Bupati Sidoarjo Saiful Illah dengan kekayaan senilai Rp 32,4 miliar dan 125 ribu dollar (Rp 1,1 miliar) pada tahun 2010. Harta itu meningkat dari data LHKPN pada 2006 lalu, kekayaan Saiful Illah hanya sekitar Rp 21,7 miliar dan 115.585 dollar (Rp 1 miliar).

Rincian kekayaan orang nomor satu di Sidoarjo itu terdiri dari harta tidak bergerak senilai Rp 26,8 miliar yaitu berupa tanah dan bangunan sebanyak 29 bidang yang sebagian besar di Sidoarjo.

Sedangkan harta bergeraknya terdiri dari 9 mobil senilai Rp 845 juta diantaranya Jaguar, Marcedez Benz dan Nissan Terrano. Peternakan dan perikanannya mencapai Rp 661 juta. Harta bergerak lainnya terdiri dari logam mulia senilai Rp 300 juta. Sedangkan, surat berharga yang dimiliki Saiful Illah mencapai Rp 63 juta dan Giro dan setara kas senilai Rp 3,7 milliar.

Sementara Bupati Nganjuk Taufiqurrahman yang pada 2009 lalu tercatat sebagai kepala daerah terkaya di Jatim posisinya melorot menjadi posisi tiga dengan nilai kekayaan mencapai Rp 15,7 miliar yang tercatat di LHKPN.

Rincian kekayaannya antara lain terdiri dari harta tidak bergerak berupa tanah dan bangunan 45 bidang senilai Rp 5,9 miliar. Sedangkan harta tidak bergeraknya berupa alat transportasi mencapai Rp. 3,3 miliar, perikanan dan peternakan mencapai Rp 4,4 miliar, giro dan setara kas mencapai Rp 1,4 miliar.

Kondisi yang sama juga dialami Walikota Kediri Samsul Ashar. Posisi Samsul melorot menjadi diurutan keempat dengan nilai kekayaan sekitar Rp 12,5 miliar yang terdiri dari harta tidak bergerak Rp6,6 transportasi Rp5,8 miliar peternakan, pertanian, dan usaha lainnya sebesar Rp 4.3 miliar serta harta bergerak lainnya Rp200 juta. Sementara harta berupa giro tabungan dan kas lain mencapai Rp758 juta.

Gubernur Jawa Timur Soekarwo menduduki kepala daerah terkaya kelima di Jatim dengan nilai kekayaan mencapai Rp 11,2 miliar yang dilaporkan pada tahun 2011. Kekayaan Pakde Karwo terdiri dari harta tidak bergerak senilai Rp 5 miliar dan harta tidak bergerak yang terdiri dari alat transportasi senilai Rp Rp 490 juta, harta bergerak lainnya Rp 340 juta serta giro dan setara kas senilai Rp. 11,2 miliar. Pada tahun 2008 lalu, kekayaan Soekarwo mencapai Rp 8,9 miliar.

Kepala daerah terkaya nomor enam di Jawa Timur adalah bupati Pasuruan Dade Angga dengan nilai kekayaan Rp 8,9 miliar pada 2008. Kekayaan Dade meningkat cukup signikan, pada tahun 2003 di LHKPN tercatat kekayaannya hanya mencapai Rp 3,6 miliar. Sekadar mengingatkan, Dade kembali aktif menjabat per 7 Oktober lalu pasca divonis bebas terkait dugaan korupsi dana kas daerah Rp 74 miliar.

Wakil bupati Bojonegoro Setyo Hartono kepala daerah terkaya ke tujuh dengan jumlah kekayaan Rp 7,4 miliar. Wakil bupati Pasuruan Eddy Paripurna terkaya ke delapan dengan harta kekayaan senilai Rp 7,1 miliar

Sedangkan, Bupati Jombang Suyanto yang sebelumnya sebagai kepala daerah terkaya diurutan keempat, posisinya menurun di urutan kesembilan dengan nilai kekayaan mencapai Rp 6,9 miliar. Kekayaan Suyanto terdiri dari harta tidak bergerak senilai Rp. 3,5 miliar. Sedangkan harta bergeraknya terdiri dari alat transportasi senilai Rp. 248 juta, pertanian dan peternakan senilai Rp 2,04 miliar dan giro serta surat berharga senilai Rp 512 juta.

Sementara, Walikota Batu Eddy Rumpoko terkaya kesepuluh. Dia melaporkan kekayaannya pada 7 Juli 2009dengan total hartanya mencapai Rp 6,9 miliar yang terdiri dari harta tidak bergerak Rp 1,4 miliar dan harta bergerak masing-masing alat transportasi senilai Rp 1,16 miliar, harta bergerak lainnya Rp 2 miliar, giro dan setara kas Rp 2,7 miliar, surat berharga Rp 599 juta. Eddy Rumpoko juga mempunyai hutang Rp 698 juta.

Memang, daftar kekayaan kepala daerah di Jawa Timur mengalami perubahan signifikan dalam dua tahun terakhir. Berdasarkan data yang dirilis situs KPK yakni www.kpk.go.id tercatat, kalau kepala daerah terkaya di Jawa Timur pada 2009 adalah bupati Nganjuk Taufiqurrahman dengan nilai kekayaan mencapai Rp 15,7 miliar. Sedangkan kepala daerah terkaya kedua adalah walikota Kediri Samsul Ashar dengan kekayaan mencapai Rp 12,5 miliar. Diurutan ketiga adalah gubernur Jawa Timur Soekarwo dengan kekayaan mencapai Rp 8,9 miliar dan diurutan keempat adalah bupati Jombang Suyanto dengan kekayaan senilai Rp 6,9 miliar dan wakil gubernur Saifullah Yusuf diurutan kelima dengan kekayaan senilai Rp 6,2 miliar.

Johan Budi menegaskan aturan pelaporan harta kekayaan pejabat tertuang dalam ada dalam pasal 5 UU nomor 28 tahun 1999 tentang penyelenggara negara yang bersih dan bebas dari Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (KKN). “Ada di dalam Undang-Undang,” tegasnya.

Dijelaskan Johan, para pejabat daerah tersebut wajib melaporkan hasil kekayaannya paling lambat tiga bulan sebelum dilantik. Disamping itu, harta kekayaan juga harus dilaporkan ke KPK selama menjabat dan setelah selesai masa jabatannya.” “Memang penyelenggara harus melaporkan hasil kekayaannya meski dia tidak menjabat lagi,” terangnya.

Johan mengimbau agar para pejabat daerah melaporkan harta kekayaannya tepat pada waktunya. Karena hal itu mencerminkan kepatuhan dan peduli dengan penyelenggaraan pemerintahan yang bebas korupsi.

Memang, sampai saat ini tidak ada aturan yang tegas untuk menindak pejabat bersangkutan apabila mereka tidak melaporkan kekayaannya kepada KPK.”Memang tidak ada aturan yang mengatur kapan itu harus dilaporkan, tapi ini demi masyarakat juga, kalau pimpinannya bersih, maka patut jadi panutan,” katanya. (sp/eru)

10 Kepala Daerah Terkaya di Jatim


1. Bupati Kediri Haryanti Sutrisno.............. Rp 41,7 M
2. Bupati Sidoarjo Saiful Illah...................... Rp 32,4 M dan USD 125 ribu (Rp 1,1 M)
3. Bupati Nganjuk Taufiqurrahman............ Rp 15,7 M
4. Walikota Kediri Samsul Ashar............... Rp 12,5 M
5. Gubernur Jawa Timur Soekarwo............ Rp 11,2 M
6. Bupati Pasuruan Dade Angga................. Rp 8,9 M
7. Wakil Bupati Bojonegoro Setyo Harton... Rp 7,4 M
8. Wakil Bupati Pasuruan Eddy Paripurna.... Rp 7,1 M
9. Bupati Jombang Suyanto............................Rp 6,9 M
10. Walikota Batu, Edy Rumpoko....................Rp 6,9 M

Sumber : http://infopoljatim.com/index.php?option=com_content&view=article&id=469:bupati-kediri-terkaya-di-jawa-timur&catid=66:seputar-jatim&Itemid=90


Warga GIRILAYA
More power you have, more responbility you got

Bagi Warga GIRILAYA yang mengingkan SUBDOMAIN Girilaya.Com silakan Mendaftar di http://forum.girilaya.com/h5-client-registration-form
Share this post on: Excite BookmarksDiggRedditDel.icio.usGoogleLiveSlashdotNetscapeTechnoratiStumbleUponNewsvineFurlYahooSmarking

No Comment.

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas  Message [Halaman 1 dari 1]

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik

 

pagerank analyzerW3 Directory - the World Wide Web Directory

© 2014 Copyright Girilaya Real Groups - All Rights Reserved | Back to Top